Wajib Dicoba! Inilah Tips Menjaga Kesehatan ala Islam

Kesehatan dalam Islam merupakan salah satu kenikmatan utama yang diberikan Allah SWT kepada para umatnya setelah nikmat islam dan nikmat iman. Disebut sebagai nikmat utama karena sehat merupakan salah satu syarat seseorang bisa merasakan nikmat kehidupan yang lainnya. Misalnya seperti ketika seseorang mempunyai harta melimpah namun sakit-sakitan, maka nikmat harta tersebut tidak akan bisa dinikmati.

Kesehatan menurut pandangan Islam
Kesehatan menurut pandangan Islam

Untuk bisa berada dalam kondisi sehat wal afiat, sebagai seorang muslim hendaklah kita menjaga kesehatan diri kita. Kesehatan disini bukan hanya kesehatan jasmani saja, namun juga kesehatan rohani perlu kita jaga. Sebab jika kita hanya menjaga salah satunya saja, maka kehidupan kita juga tidak akan seimbang. Islam juga memiliki cara-cara untuk menjaga kesehatan yang inshaallah sejalan dengan aqidah islamiyah.

Mengapa kita harus menjaga kesehatan yang sesuai dengan aqidah? Sebab ilmu kedokteran yang ada saat ini tidak semua sejalan dengan aqidah islam. Sedangkan dalam islam sendiri kita sebagai muslim dituntut untuk bertaqwa kepada Allah SWT dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Sejauh ini, tidak pernah muncul masalah yang berarti jika kita sejalan dengan aqidah yang ada pada islam.

Lakukan Ini! Insyaallah Anda Akan Selalu Sehat

Berikut adalah Tips Menjaga Kesehatan Dalam Islam:

  • Bangun Sebelum Subuh
    Dalam islam kita diwajibkan untuk bangun sebelum fajar untuk melasanakan kewajiban solat subuh. Solat subuh sudah terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan. Sebab selain udara subuh yang sangat segar dan fresh, gerakan solat juga bisa disetarakan dengan olahraga kecil di pagi hari.
  • Jagalah Kebersihan
    Nabi Muhammad Saw selalu mencontohkan menjaga kebersihan dengan cara rutin memotong kuku, merawat janggut dan memakai wewangian, khususnya di hari jumat. Islam sangat menjunjung tinggi kesucian sebagaimana pepatah mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.
  • Tidak Makan dengan Berlebihan
    Makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang merupakan cara makan yang dianjurkan dalam Islam. Sebab perut manusia sesungguhnya dibagi menjadi tiga bagian. Pertama bagian perut untuk makanan, kedua untuk udara, ketiga untuk air. Keseimbangan tiga unsur dalam perut sangat mempengaruhi kesehatan kita sebagai manusia.
  • Biasakan Jalan Kaki
    Berjalan kaki telah dibuktikan oleh para ahli kesehatan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berjalan kaki akan membakar kalori berlebih dalam tubuh sehingga keringat kita keluar. Pori-pori kita akan terbuka akan membuat aliran darah kita menjadi lebih lancar dan membuat tubuh kita lebih sehat.
  • Tidak Gampang Marah
    Kekuatan dan kesehatan seorang muslim tidak hanya ditentukan oleh tubuhnya tapi juga emosi, dan jiwanya. Ketika Anda sedang marah pada posisi berdiri cobalah untuk duduk, kemudian jika Anda marah dalam posisi duduk cobalan untuk berbaring. Anda bisa mengambil wudhu kemudian solat sunah atau wajib untuk menenangkan diri.

Menjaga Kesehatan Yang Sesuai Dengan Aqidah Islamiyah

Sebagai agama penyempurna agama-agama terdahulu yang ada di dunia ini, islam memiliki segala macam aturan untuk menjalani kehidupan. Dari hal besar seperti berpolitik, berbangsa dan bernegara, hingga ke hal terkecil seperti seks dan masih banyak lagi. Untuk kesehatan sendiri, banyak ayat dalam Alquran yang menjadi rujukan bagi kita manusia untuk menjaga kesehatan.

Dalam islam, menjaga kesehatan harus tetap seiring dengan aqidah islam sehingga selain sehat secara jasmani, kita juga sehat secara rohani. Banyak sekali dalam islam aturan tentang menjaga kesehatan yang terkadang terkesan mengekang, seperti misalnya berobat kepada dokter berlawanan jenis yang bukan mukhrim. Meski terkesan sedikit merepotkan, akan tetapi hal ini bertujuan untuk tetap menjaga aqidah islamiyah kita sebagai umat muslim.