Ngakak! Inilah Komentator Bola Paling Kocak!

Dalam beberapa tahun terakhir, sepak terjang negara-negara Arab di industri sepakbola semakin menjamur. Bisa terlihat dari semakin banyaknya klub raksasa eropa yang kini diambil alih oleh pengusaha asal timur tengah. Sebut saja klub misalnya seperti Manchester City, Paris Saint-Germain dan masih banyak lagi raksasa eropa yang jadi sumber investasi pengusaha asal Arab lainnya.

Komentator sepakbola bahasa arab
Komentator sepakbola bahasa arab

Selain kucuran dana fantastis khas pengusaha Arab, ternyata ada satu hal berbau Arab lagi yang mewarnai industri sepakbola dunia. Adalah komentator pertandingan bahasa Arab yang kerab menghiasi sejumlah pertandingan sepakbola. Jika anda sering menonton highlight pertandingan sepakbola di youtube, pasti anda mengetahui yang saya maksud.

Komentator pertandingan yang disiarkan stasiun televisi Arab Saudi tersebut memang kerap kali mengundang gelak tawa bagi kita yang menontonnya. Terkadang kita merasa bahwa sang komentator lebih seru dibandingkan dengan pertandingan itu sendiri. Tentu saja karena sebagai orang Indonesia kita tidak mengerti apa arti sebenarnya, hanya merasa lucu karena kehebohan sang komentator saja.

Ini Dia Yang Membuat Komentator Bola Bahasa Arab Lebih Seru

Tanpa adanya komentator, sebuah pertandingan sepakbola akan menjadi begitu hampa dan garing. Bayangkan saja selama sembilan puluh menit penuh kita harus menonton dua tim yang bertanding. Paling kita hanya bisa mendengar kedua tim saling serang, berebut bola, tendang, berlari hingga sedikit teriakan “Hey!” dari pemain saja. Karena itulah peran komentator dalam pertandingan sepakbola sangatlah penting.

Komentator Bola lebih seru dengan Bahasa Arab
Komentator Bola lebih seru dengan Bahasa Arab

Setiap kompetisi memiliki komentator dengan bahasa negara mereka masing-masing. Namun akhir-akhir ini rupanya komentator dalam bahasa arab tampaknya sedang hits di kalangan penikmat sepakbola. Apalagi kalau bukan karena komentar mereka yang lebay dan heboh sendiri. Dilansir dari sebuah artikel berjudul “معلقون الأمور العربية التي تجعل أكثر متعة” (Hal Yang Membuat Komentator Arab Lebih Seru), inilah kelebihan komentator Bahasa Arab:

  • Heboh Sendiri
    Coba anda bandingkan ketika menonton siaran Piala Dunia secara langsung di televisi dengan komentator berbahasa Indonesia. Lalu coba liat siaran ulangnya di youtube dengan komentator bahasa arab. Lebih seru yang mana?
  • Teriakan Bikin Kaget
    Kadang teriakan sang komentator dengan bahasa Arab ketika terjadi gol suka bikin kita kaget sendiri. Padahal gol yang terjadi juga biasa aja, gak keren-keren banget.
  • Mengulang Nama Pemain
    Tidak butuh gaya bahasa tingkat tinggi cenderung kesastra-an bagi seorang komentator bahasa arab. Cukup mengulang-ulang nama pemain saja ketika gol maka akan sama serunya, misalnya “GOOOOLOLOLOOL! Messi! Messi Messi Messi Messiiiii!!! Lionel Messi!”
  • Ya Allah
    Selain mengulang-ulang nama pemain ketika terjadi sebuah gol, kata-kata ini juga menjadi andalan komentator bola arab. Apalagi kalau bukan, “YA ALLAH! ALLAH! ALLAH! Messi! GOOOLOLOL!”

Komentator Arab Rasis Pada Timnas Indonesia

Ucapan rasis komentator bola bahasa arab
Ucapan rasis komentator bola bahasa arab

Meski memiliki kesan lucu dan menyenangkan, ternyata bukan berarti komentator bola bahasa arab tidak memiliki cela. Ada sebuah kejadian tidak mengenakan yang melibatkan seorang komentator bola arab. Dan parahnya lagi, hal itu terjadi pada tim nasional Indonesia. Peristiwa ini  terjadi ketika timnas Indonesia berhadapan dengan Bahrain pada Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno ini ternyata juga disiarkan oleh stasiun televisi Al Jazeera ini ternyata meninggalkan kesan tidak mengenakan. Dalam siaran pertandingan tersebut ternyata sang komentator kedapatan melontarkan kalimat rasis dan tidak netral. Komentator arab tersebut kedapatan berkomentar lega ketika Bahrain mencetak gol dan begitu senang ketika skuad Garuda gagal.