Kesehatan Dalam Kacamata Islam

Kesehatan berasal dari kata dasar sehat,yang artinya yaitu ketika semua yang organ/bagian dalam tubuh berjalan dengan normal dan berfungsi sebagaimana mestinya. Ketika ada salah satu bagian/organ di dalam tubuh tiba-tiba mengalami malfungsi atau bahkan berhenti bekerja, maka saat itu lah seseorang dikatakan sakit. Menjadi sehat merupakan hak setiap makhluk hidup.

Gerakan sholat dan manfaatnya bagi kesehatan
Gerakan sholat dan manfaatnya bagi kesehatan

Islam memandang kesehatan sebagai hal yang sangat penting, baik itu kesehatan jasmani ataupun kesehatan rohani. Tidak ada nikmat yang melebihi nikmat sehat di dalam kehidupan ini. Banyak orang yang memiliki harta dan ilmu berlebih, namun mereka tidak bisa menikmatinya karena mereka tidak sehat. Oleh karena itu, islam menganjurkan umatnya untuk selalu menjaga kesehatan.

Mencari kesinambungan antara islam dengan kesehatan sangatlah mudah, bahkan saking mudahnya sampai luput dari penglihatan kita selama ini. Adalah kewajiban shalat yang ternyata memiliki hubungan bagi kesehatan manusia. Sebagai seorang muslim, kita tentu mengetahui bahwa shalat terdiri dari sejumlah gerakan khusus. Tetapi taukah anda jika ternyata gerakan shalat memiliki manfaat bagi kesehatan?

Anjuran Menjaga Kesehatan Dalam Islam

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pepatah ini sangatlah sejalan dengan konsep kesehatan itu sendiri dalam islam. Islam yang merupakan sebuah ajaran yang memberi ketenangan dalam jiwa setiap umatnya. Dan berkaca dari konsep ketenangan jiwa, maka ada sebuah benang merah yang bisa kita tarik. Sehat merupakan hal yang wajib dijaga agar kita bisa menjalani peran kita sebagai manusia yang merupakan khalifah di muka bumi.

Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan
Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan

Menjaga kesehatan jasmani dan rohani merupakan kewajiban manusia, khususnya umat islam. Kata sehat itu sendiri kerap kali dibahas beberapa kali dalam riwayat sahabat Nabi Muhammad SAW. Bahkan ada beberapa kebiasaan nabi sendiri yang setelah diteliti oleh para ahli di jaman sekarang, ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Cukup banyak beberapa kebiasaan Rasulullah yang ternyata berguna bagi kesehatan.

Sebut saja kebiasaan tidur menghadap kanan dengan alas kepala tangan sendiri. Atau mungkin anjuran untuk memakan buah terlebih dahulu sebelum makan. Bahkan hingga kebiasaan buang hajat dalam keadaan jongkok yang di jaman sekarang hal itu dianggap primitif, yang menurut para ahli lebih sehat. Semua kebiasaan ini telah diteliti oleh para ilmuwan yang sebelumnya sempat penasaran dengan kebiasaan nabi.

Gerakan Shalat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Shalat merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh semua umat islam di dunia. Secara konsep, shalat bertujuan untuk memelihara kesehatan rohaniah seseorang. Sebab pada hakikatnya shalat yang khusuk bisa menghindarkan seseorang dari perbuatan keji dan munkar. Namun ternyata ada juga manfaat sholat bai kesehatan jasmani, berikut adalah manfaat shalat bagi kesehatan:

Gerakan sholat bermanfaat bagi kesehatan alat vital pria
Gerakan sholat bermanfaat bagi kesehatan alat vital pria
  • Takbiratul Ihram
    Gerakan takbiratul ihram dapat melancarkan darah serta kelenjar getah bening ke seluruh tubuh. Selain  itu, sikap mendekap tangan di depan perut akan mencegah bermacam-macam gangguan sendi.
  • Rukuk
    Postur ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.
  • I’tidal
    Gerakan berdiri setelah rukuk ini membuat rgan organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran. Hal ini dapat memperlancar pencernaan serta mengurangi resiko gangguan pencernaan.
  • Sujud
    Posisi sujud memiliki manfaat untuk daya pikir. Aliran getah bening serta aliran darah penuh oksigen akan dialirkan secara maksimal ke otak. Selain itu, gerakan sujud juga dipercaya dapat mencegah gangguan wasir.
  • Duduk (Iftirasy dan Tahiyad)
    Posisi duduk seperti ini memiliki manfaat bagi kelenjar urin, khususnya kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. Postur duduk ini dapat mencegah resiko impotensi bagi para pria.
  • Salam
    Otot di sekitar leher dan kepala akan relaksasi sehingga aliran darah di kepala menjadi lebih lancar. Gerakan salam ini dapat mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah.